Logo
Kuliah S2 di Negeri Belanda, Tinggal di Mana?
14 Jun 2018

Kuliah S2 di Negeri Belanda, Tinggal di Mana?

Post by admin

Salah satu hal yang harus dipersiapkan ketika akan kuliah s2 di Belanda yaitu akomodasi atau tempat tinggal. Selama kuliah di Belanda kita akan jauh dari keluarga dan saudara, maka dari itu penting untuk memilih tempat tinggal yang aman dan nyaman. Ada beberapa pilihan tempat tinggal yaitu asrama, apartemen atau homestay.

Jangan sampai salah pilih tempat tinggal

Tugas yang menumpuk serta kegiatan kampus yang padat tentu akan menguras tenaga kita. Belum lagi jika kita harus sering pulang malam karena mengerjakan tugas kelompok bersama teman. Itu semua membuat kita membutuhkan tempat tinggal yang nyaman namun juga aman dari orang jahat. Berikut ini beberapa pilihan tempat tinggal bagi kalian yang akan kuliah S2 di Belanda.

  1. Asrama kampus

Bagi kalian yang menerima beasiswa negeri Belanda umumnya akan ditawarkan untuk tinggal di asrama kampus. Namun setiap universitas memiliki ragam asrama kampus yang berbeda-beda. Misalnya ada asrama yang menyediakan catering namun ada yang tidak. Begitu pula dengan pilihan kamarnya. Ada kamar yang untuk 1 orang saja namun ada juga kamar yang berisi beberapa orang. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Hal yang menguntungkan dari tinggal di asrama kampus yaitu lokasinya yang berada disatu komplek dengan kampus. Sehingga tidak memerlukan biaya transportasi dan juga menghemat waktu untuk berangkat kuliah. Selain itu, kalian bisa setiap saat menikmati fasilitas kampus seperti perpustakaan, gym, laboratorium computer dan lain sebagainya.

  1. Apartemen

Dalam 1 apartemen dapat terdiri dari 2 hingga 3 kamar. Jenis kamar tergantung jenis bangunan dari sang pemilik apartemen. Karena jumlah kamar yang banyak, kalian bisa mengajak teman untuk tinggal bersama. Dengan adanya teman untuk tinggal bersama, maka baiya opersional sehari-hari dapat dibagi-bagi. Selain itu, tinggal di apartemen lebih bebas aturan dibandingkan dengan asrama kampus S2. Namun semua hal harus diurus sendiri. Seperti berbelanja, masak, mencuci dan lain sebagainya. Bagi kalian yang kuliah S2 gratis, tinggal di apartemen dapat menjadi pilihan karena biaya untuk kuliah dapat dialihkan untuk menyewa apartemen.

  1. Homestay

Tinggal di homestay berarti kalian harus tinggal dengan keluarga lokal di negara tempat kalian berada. Sehingga kalian dapat merasakan kehidupan dan kebudayaan setempat. Selain itu kalian juga tidak akan merasa kesepian. Namun setiap keluarga memiliki perarturan masing-masing dalam menyewakan rumahnya. Kalian harus menanyakan lebih jelas mengenai hal tersebut agar tidak terjadi salah paham. Terutama soal biaya apa saja yang akan dibebankan pada kalian selama per bulannya. Selain itu peraturan lain seperti meminta ijin untuk pulang malam dan sebagainya.

Pilih yang tepat sebelum terlambat

Setelah mengetahui beberapa pilihan tempat tinggal, kalian harus melakukan riset lebih dalam. Jangan sampai beasiwa kuliah di Belanda sudah di tangan, namun tempat tinggal dipikirkan belakangan. Karena mencari tempat tinggal yang tepat memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Tags: , ,

0 Comments

Leave a Comment