Logo
6 Keuntungan Menggunakan Lampu PJU Tenaga Surya
14 Jun 2018

6 Keuntungan Menggunakan Lampu PJU Tenaga Surya

Post by admin

Lampu PJU tenaga surya atau yang sering disebut PJU solar cell merupakan sebuah sistem penerangan dengan mengandalkan sinar matahari sebagai sumber tenaga listriknya. Tapi, mengapa harus digunakan sinar matahari. Padahal, sebelumnya dengan menggunakan sumber listrik dari PLN tidak masalah? Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan PJU tenaga surya.

  1. Ramah Lingkungan dan Bebas Polusi

Listrik tenaga surya tidak akan memancarkan gas rumah kaca yang berbahaya, seperti karbondioksida, sehingga sangat aman bagi lingkungan. Tidak hanya itu, dengan menggunakan tenaga surya tidak terjadi polusi udara maupun suara, seperti misalnya menggunakan diesel. Itulah mengapa, listrik dengan menggunakan tenaga surya bisa dikatakan sangat ramah lingkungan dan bebas dari berbagai polusi.

  1. Sumber Energi Tak Terbatas

Tidak seperti sumber daya alam lainnya yang sangat terbatas, seperti listrik, minyak bumi, batubara, dan sebagainya, sumber lampu dengan tenaga surya tidak terbatas. Selagi di suatu daerah diperoleh sinar matahari secara cukup bisa menghasilkan energi listrik. Dengan kata lain, listrik dengan tenaga surya ini akan terus ada hingga akhir zaman selagi matahari masih bersinar. Tidak akan ada habisnya.

  1. Tidak Tergantung pada PLN

Dengan adanya sinar matahari, kini lampu jalan tidak harus bergantung pada PLN. Bahkan, di saat PLN mengalami gangguan hingga terjadi pemadaman, PJU tetap akan menyala, karena pasokan listrik tidak bersumber dari PLN namun dari sinar matahari.

  1. Tidak Terkena Biaya Listrik PLN

Jika menggunakan listrik dari PLN, sudah pasti ada biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah. Hal ini tidak terjadi lagi saat sumber energi PJU diganti dengan sinar matahari. Sebab, sinar matahari telah disediakan secara gratis oleh Tuhan. Hanya saja, tetap ada biaya operasional, yang bisa dibilang jauh lebih murah dibanding harus membayar biaya PLN.

  1. Dapat Dipasang di Mana Saja

Karena tidak mengandalkan jaringan listrik dari PLN, maka PJU tenaga surya dapat dipasang di mana saja. Berbeda saat harus bergantung dengan PLN, di mana lampu harus didirikan di dekat jaringan listrik. Asalkan suatu daerah terkena sinar matahari secara cukup, maka jalanan di daerah tersebut bisa dipasangkan perangkat panel surya tersebut.

  1. Usia Pakainya Sangat Panjang

Setiap perangkat pastinya mempunyai batas pakainya. Jika sudah mencapai batas pakai, mau tidak mau harus dilakukan perawatan rutin atau bahkan penggantian. Begitu juga dengan PJU tenaga surya ini. Hanya saja, batas pakai untuk perangkat ini sangatlah panjang, bahkan hingga mencapai usi 25 tahun. Ini artinya, setelah tahun ke-25 baru dilakukan perawatan atau pergantian. Hal ini tidak hanya akan membuat petugas perawatan lebih terbantu, namun juga bisa menghemat biaya perawatan. Tak heran jika saat ini banyak pihak yang lebih memilih menggunakan lampu PJU tenaga surya.

Tags:

0 Comments

Leave a Comment